How to sing “Rap” nu mani beulibeuud pisaaan

June 10, 2018Musik & Film Standard

Hey Armybeauty, long time no ngobrol-ngobrol di blog ini yaahh..
Ok, its just based on my experience learning the rap. Sure the rappers from armybeauty better know about this, but i just try to explain some tips.

1. Listen to the song many times
Ini supaya kita tahu nada rapnya kayak gimana, minimal tau nadanya aja dulu. Kan tiap rap itu beda-beda tuh nadanya, walau iramanya tetep sama yaitu mani beulibeud pisan alias super cepet sampe bikin lidah keserimpet.

2. Know the lyrics
Kalau udah tau nadanya kayak gimana, langsung deh perhatiin liriknya. Terus pelan-pelan ikutin rap-nya. Untuk awalan pasti bikin gedek2 kepala karena bener-bener bikin lidah ketinggalan, baru baca lirik yang pertama eh suaranya udah lirik terakhir. Lah kan ketinggalan tuh lidahnya, wkkk.

3. Copas the lyrics into our notes
Ini bagian yang paling penting nih karena kuncinya ada di sini. Setelah kita copas lalu kita dengerin deh berkali-kali itu lagu sampe hafal banget nadanya dan tau celah yang susah ada dimana, yang gampang di bagian yang mana.

4. Make the song be slower
Setting song-nya dengan kecepatan yang lebih rendah, dari yang paling rendah atau pelan banget, sampe 1 level kecepatan di bawah normal.
Sambil dengerin mana lirik yang perlu diperhatikan baik-baik.

5. Make the lyric’s notes
Means, setelah dibikin lagunya jadi lambat, maka penggal-lah lirik tersebut. Jadi kata-kata rap tsb dibikin tanda yang bikin kita paham disesuaikan dengan gaya nyanyi kita. Contohnya:
Bikin tanda // untuk lirik yang ambil nafas. Kasih tanda koma (,) untuk lirik yang ada jedanya. Ada juga kata yang perlu dihilangkan atau diganti supaya sesuai dengan apa yang kita dengar. Apalagi kalo Kpop kan bahasa korea yang dilatinkan, kadang suka beda sama yang kita dengar, ditambah lagi ini ala-ala rap, walhasil perlu kecermatan dalam mendengarkan setiap kata-katanya.
Terus jika ada yang cepet banget nyanyinya melebihi kata yang lain, maka disambung tanpa spasi. Pokoknya bikin catatan sendiri deh supaya bisa tau mana jeda mana yang cepat dan mana yang dibaca panjang 2 harokat (ngaji kaleee wkkk)

6. Trial many times
Setelah tau celahnya dimana, kunci terakhir adalah perbanyak latihan. Diulang lagi lagunya, terus kita ikutin rapnya, terus aja begitu sampe dapet deh rapnya.

Oh ya jangan lupa untuk samain nada dasarnya. Biasanya kalo rap itu pake chest voice karena kan memang powerful ga perlu ada vibra segala. Tapi tetep kudu liat sejauh mana suara kita sampe atau gak, apalagi kalo rappernya cowok kadang chest mereka rendah banget loh. Jadi kita perlu nyesuain sendiri suara kita ada di titik nada dasar yang mana.

Okelah guyz, selamat mencoba.

Yo yo yooow, singing the rapppp guuuuyz!!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *