Rik tarik tariiikk

January 7, 2018Kuliner, Standard

Apa yang menarik dari teh tarik?

Jawabannya ya karena ditarik-ditarik 

Karena proses pembuatannya ditarik-tarik itulah hal yang menjadi daya tarik teh tarik. Dan yang membuat namanya pun menjadi teh tarik.

Teh tarik terbuat dari percampuran antara teh dan susu. Orang Indonesia mungkin lebih familiar jika susu putih dicampur dengan kopi atau coklat, atau lainnya. Tapi, dengan adanya teh tarik maka menambah variasi rasa minuman campuran susu yang ternyata rasanya sungguh nikmat.

Perpaduan teh dan susu dengan komposisi yang pas ini membuat rasa teh tarik menjadi begitu khas. Aroma tehnya yang harum, dicampur dengan bau susu pekat yang juga tak kalah menggiurkan.

Teh tarik terasa lebih segar jika ditambah batu es. Saat siang hari panas terik, meminum es teh tarik menjadi obat dahaga yang paling menyegarkan.

Jika Anda sedang ke Malaysia, jangan sampai tidak mencicipi teh tarik khas negara tetangga kita. Tehnya terasa lebih kental dari susunya. Teh tarik Malaysia memang lebih mengunggulkan cita rasa teh yang khas. Walaupun banyak bubuk teh tarik yang dijual per-sachet di beberapa swalayan, tapi jika kita sudah bertandang ke Malaysia, sangat disayangkan jika kita melewati teh tarik asli yang disajikan di restoran yang menyebar di Malaysia, terutama restoran India.

Selain cita rasa teh tarik yang enak, wisatawan Malaysia biasanya disuguhi oleh atraksi si pembuat teh tarik tersebut. Biasanya penjualnya memperagakan cara membuat teh tarik di depan pelanggan. Hal tersebut malah menjadi daya tarik tersendiri.

Cara pelayannya membuat teh tarik yaitu dengan memegang 1 gelas besar dan 2 gelas sedang. 1 gelas besar digunakan untuk meracik bahan dasar teh dan susunya. Kemudian teh tariknya dituang ke 2 gelas yang dipegang tangan yang satunya secara bergantian. Atau bisa bergelas-gelas, tergantung modifikasi dari para penjualnya. Jadi seperti ditarik-tarik. Uniknya yaitu air teh tersebut tidak tumpah berserakan di lantai. Seperti sirkus bola yang bergerak lincah, maka air teh tarik tersebut seperti bergerak lincah kesana kemari mengikuti gerak tangan si pelayan. Sambil menunggu makanan kita dimasak, kita bisa sambil menonton ‘sirkus’ teh tarik yang begitu lihai bergerak ke sana kemari.

Akibat proses tarik tarik tersebut, maka timbullah buih berbusa di atas teh tarik. Buih tersebut menjadi kesan tersendiri saat pertama kali menghirup tehnya. Buih itu ibarat penyambutan “selamat datang” untuk para peminumnya sebelum menjelajahi air teh tarik yang kesat harum dan segar itu. Selain timbulnya buih, konon proses tarik menarik tersebut juga bermaksud untuk mendinginkan teh, sekaligus membuat aroma teh-nya semakin keluar menyerbak.

Teh tarik Malaysia sangat cocok untuk pengobat dahaga dan peneman makanan-makanan ala Malaysia, biasanya seringkali disandingkan dengan roti caney yang juga khas Malaysia.

Yang menarik lagi dengan teh tarik yang dijelaskan di atas adalah hikmah yang bisa kita petik secara umum, yaitu tentang proses dan hasil.

Untuk menghasilkan cita rasa nikmat teh tarik, tidak bisa sembarangan, harus melihat kualitas teh dan susunya dengan baik. Lalu dalam pembuatannya harus ditarik-tarik dengan tingkat akurasi yang tinggi, tentunya dengan memperhitungkan higienisnya juga. Pelayan yang melakukan ‘atraksi’ tersebut pastinya sudah terlatih dan terbiasa, sehingga jarang sekali yang meleset lalu gelasnya jatuh dan airnya tumpah ruah berantakan di depan para pelanggan.

Jadi, hasil yang baik didapat dari bahan dan sumber yang baik, dan dari proses yang juga tidak mudah dan instan.

Ini bisa kita analogikan dalam setiap apapun di kehidupan kita. Jika kita ingin mendapatkan hasil yang baik, maka kita perlu memperhatikan input yang baik, termasuk niat kita dalam melakukan atau mencapai suatu target dalam hidup kita.

Selanjutnya, process oriented juga sangat penting. Hargailah proses menuju hasil terbaik itu dengan cara terbaik pula. Maksudnya, dengan menikmati setiap berjalannya proses, dan melakukan proses yang all out dan optimal, maka otomatis akan mendapat hasil sesuai proses tersebut.
Kita adalah apa yang kita pikirkan dan usahakan. Lalu, nikmati setiap detik proses yang dijalani agar hidup kita tidak perlu terbebani dan bisa lebih enjoy, dan jika kita sudah mencapai hasilnya maka nikmati dengan perasaan bahagia sebahagia-bahagianya seperti bahagia ketika menyeruput segelas teh tarik ala Malaysia yang sungguh nikmat tiada tara.

Srrlllpp..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *